Langsung ke konten utama

2 Pesan Perjalananku



Jumat, 23 Mei 2014

Hari ini aku kembali ke pangkuan ibunda. Yah, rumah. Rumah yang akan slalu kamu rindukan sejauh apapun kamu melangkah. Rumah yang akan senantiasa menunggumu selama apapun kamu pergi. Rumah yang akan selalu menantimu seingkar apapun hatimu berucap *ngomong opo koe nis, nis
Heh heh, lak kamu percaya sama aku? Aku bahkan bercita-cita ingin pergi sejauh aku bisa melangkah. Menyebar kebaikan sejauh yang aku bisa, belajar dari kehidupan yang belum pernah aku sentuh dan bertemu dg berbagai macam manusia yg dapat menyadarkanku yg sampe skrg ga sadar-sadar hahaha. Semoga yah, papua; kalimantan; bali amiin *numpang doa dikit

Aku berangkat jam 10pagi hari ini. Aku berangkat ke pool.For your information pool itu mirip sama terminal cuma disini ga ada babang angcot. Adanya babang bis sama babang shuttle, travel juga ga ada. Jadi yaa.. isinya manusia segala umur dengan tas beraneka ukuran. Kentutnya juga macem2 bunyinya. Aku berlari selambat mungkin yang aku bisa menuju ke babang shuttle. Si babang kecil rambut pendek, laki laki dengan lubang hidungnya yang cuma dua nanyain ke akuh, iya akuh. Akuh yang sedang berdiri didepannya sambil ngarep dapet karcis gretongan hahaha.
“cilacap mas, jam berapa?”
“jam 10. Ini mau berangkat”
“no brp yg kosong? Shuttle ya? Bis ga ada?”
“bis adanya setelah stgh12 mba”
“oh, y udah shuttle. no 10 juga ga papa. Brp mas?
“khusus buat mba 85”
“halah, biasanya juga segitu mas” sambil ngeluarin muka males *kalian hrs bayangin muka akuh yg imut ini ngeluarin ekspresi males

Aku keluarin uang terakhirku yg paling banyak nol-nya di Indonesia. Aku terima dengan sah kembalian babang shuttle dengan muka songong padahal bingung. Aku lupa nanya shuttle ke cilacap letaknya yg disebelah mana. Secara, ada 3 shuttle sepanjang mata ini memandang. Yee keleus mukaku ga bingung donk. Ga bingung dan linglung. Kan aku udah bilang aku lagi mengeluarkan muka songongku hahhahah

Karena ingin mempunyai kesan ramah tamah demi melestarikan ciri khas bangsa Indonesia, aku mencoba bertanya ke babang pemakai baju seragam shuttle *ini sebenernya aku hrs naik shuttle yg mana -_- . okeh, aku tauh harush pakeh shuttle yang manah. Ituh, iya ituh. Ituh shuttle yg ada didpn mata akuh.

Aku putuskan untuk naikin si shuttle #bukanbabangnya. Aku duduk di tengah *waow aku diapith. Sebelah kanan aku ada seorang ibu, emmm kira kira umurnya 35an mungkin, dimana si ibu membawa anaknya yg baru 1,5tahun *hebatkan aku bisa tahu? Iyalah la wong aku nanya og hahhah

Okeh, pelajaran pertama yang harus kamu dengerin. Bukan dibaca tapi didengerin. Okeh. Jangan bawa balita atau bayi sepanjang itu ga kepepet banget untuk perjalanan jauh *iya, soalnya kalo mepet2 itu enak sama yg udah gede. Pedhopil dong nanti kalo sama balita hahhah. Kasian balitanya, serius deh. Limarius malah. Aku tahu balita itu lucu lugu dan polos, tapi itu bukan berarti kamu bebas mau melakukan apapun demi obsesimu yang ingin pergi dalam suatu perjalanan jauh. Dia tu sebenernya juga menjerit, batinnya menangis. Hatinya mengatakan segala hal, namun ia tak bisa mengucap atas apa yang ada didalam hatinya. Balita oh balita...sabar ya nak. Kamu pasti bisa

Balita disamping aku yang aku lupa nanyain namanya berjenis kelamin perempuan. Awalnya dia diem, bahasa jawanya manut. Tapi semakin lama dan lama. Dia menangis, kalo analisaku si; pertama karna dia kepanasan, kedua karna dia ga pewe, ketiga karna ga sampe sampe dan keempat karna aku duduk disamping dia. Pandangan pertama, aku kasih senyuman aku yg paling manis. Yes, berhasil. Balita peyempuan itu tersenyum dengan apik kepadaku. Pandangan kedua..ada yg aneh. Inget ga pelajaran anatomi dan fisiologi tubuh? Oke, buat kamu yg bukan anak FKM. Pelajaran biologi deh. Kan mata itu punya pupil, iris dan sclera. Pupil dan irisnya item banget warnanya. Cantik. Tapi disclera yang seharusnya berwarna putih bersih seperti ada noda hitam dari si iris. Aku ga tau itu apa namanya, kelainankah ato cuma sesuatu. Saat aku coba tanya sama si ibu, beliau bilang beliau mengalami kecelakaan saat kandungannya berusia 1,5 bulan. Kamu suka ngaca kan? Coba deh kamu bercermin dan amati matamu. Cantik. Tidak semua orang bisa mempunyai mata secantik kamu. Sayang, kamu harus bersyukur atas hal itu. Ayo ucap terimakasih sama Tuhan!!

Pelajaran kedua *udah kaya SMA aja
Setengah jam kemudian, babang shuttle berhenti. Dia naikin penumpang baru. Salah satunya adalah seorang bapak yang kebetulan beliau duduk disebelah kiriku. Kesan pertama, aku beri ia senyuman yang biasa aja. Dan...kesan selanjutnya adalah si bapak satu ini ngobrol ga berhenti2. Padahal aku tahu benar si bapak tahu kalo aku lg dengerin lagu lewat mp4 ku. Oke, berhubung saya adalah anak yang baik dan penuh dengan tanggung jawab serta rajin menabung dan cinta sama indonesia jadi aku dengerkan dengan sepenuh hati. Awalnya slow, asik. Bapaknya cerita panjang kali lebar tentang keluarganya. Tentang anak-anaknya yang berjumlah tiga dan perempuan semua. Rumahnya yang ada di gunung pati. Dan jadwal terbangnya alias pengalamannya yang sudah bekerja di beberapa pulau di Indonesia. Dari berbagai pulau yang si bapak ceritain, dia paling banyak cerita tentang Kalimantan *duuh si bapak. Ga tau apa aku lagi kangen sama anak Kalimantan 

Bapaknya hebat loh, mimpinya tinggi mencintai anak-anaknya dengan sepenuh hati. Kalo dari ceritanya si. Tapi jujur, aku ndak tahu bagian mana yang harus aku percaya. Karna dalam sekejap dia emm agak sedikit bohong *padahal dikit lagi aku baru mau bilang salut sama si bapak. Dia bilang pernah naik pesawat ke cilacap tahun 99an, kan bandar udara tunggul wulung setau aku baru dibuka setaunan yang lalu..uu yes. Kita terkadang bertemu dengan banyak orang dengan seribu cerita yang mungkin bakal ia buka semuanya. Namun tidak semua hal boleh kamu percayai sepenuhnya. Aku tahu semua manusia itu pada dasarnya baik. Sekarang logikanya gini, lak yo kamu bakal cerita semua tentang keluargamu atau tentang dirimu sendiri kepada seseorang yang baru sejam kamu kenal? Bahkan pada teman yang tak akrab yang sudah kau kenal bertaun-taun pun belum pasti kamu mau terbuka dengannya bukan? Kamu hanya akan bercerita kepada seseorang yang menurut kamu ia dapat kamu percaya, kamu merasa nyaman dengannya dan yang benar-benar kamu cintai. Eh..sreg maksud aku. Na itu juga berlaku untuk orang lain. Jangan sampai saat kamu bercerita dengan seseorang yang baru kamu kenal, kamu langsung ceritain semua tentang kamu dan kehidupanmu. Itu berbahaya. Bukan suudzon, hanya waspada *jangan tanya ke aku ya bedanya apa haha

Si bapak itu baik sebenernya sama aku. Tapi dia hobi banget turun dari shuttle dan ga bilang sama supir. Bikin aku harus teriak ampe 2x ke supir yang mau jalan tanpa liat si bapak udah di shuttle apa belum.



Anyway, thanks bapak. Makasih sama minuman yang udah bapak beliin buat aku. Semoga Tuhan selalu melindungi bapak dan keluarga bapak. Tetap tersenyum bapak, dan jangan mudah terbuka dengan orang lain. Maaf kalo ganis agak nakal ga dengerin cerita bapak di shuttle. Ganis emank nakal banyak binalnya hahahah

Oke. Sekian cerita perjalanan ke rumah dariku. Nanti aku ceritain lagi yang lain
Selamat sore semua manusia yang masih dipercaya oleh Tuhan untuk bernafas hingga detik ini


Bukan suudzon, tapi waspada
-NSR-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transtheoritical Model of Change (TTM) *just for your reference

Model Transtheoretical ( Prochaska & DiClemente , 1983; Prochaska , DiClemente , & Norcross , 1992; Prochaska & Velicer , 1997) adalah model integratif perubahan perilaku . Gagasan-gagasan kunci dari teori lain dipadukan . Model ini menggambarkan bagaimana orang-orang memodifikasi masalah perilaku atau mendapatkan suatu perilaku positif . Pengorganisasian pusat gagasan dari model ini adalah tahapan perubahan ( stages of change ) . Model ini juga mencakup serangkaian variabel independen, proses perubahan , dan serangkaian ukuran hasil , termasuk decisional balance dan temptation scale . Proses perubahan ini adalah sepuluh kognitif dan aktivitas perilaku yang memfasilitasi perubahan. 1 Model Transtheoretical adalah model perubahan yang disengaja, yaitu model yang berfokus pada pengambilan keputusan individu. Pendekatan lain untuk promosi kesehatan telah berfokus terutama pada pengaruh sosial terhadap perilaku atau pengaruh biologis terhadap peri

Durian??

Hai mblogs, apa kabar? Lama aku tak bersua denganmu. Sehat kau blog-ku sayang? Tak lupakan engkau padaku? Maafkan daku selama ini sempat melupakanmu :(' Ini hari minggu. Ciee..minggu weekend. Libur yah? Libur apanya-h (-_-‘) …entahlah sejak saia jadi pengangguran * aku bold kemudian aku italic, biar sadar diri * saia tak tahu mana itu minggu dan mana itu senin. Tuhan..aku baru jadi pengangguran belum genap 2 bulan tapi rasanya sudah setahun. Itupun ga nganggur2 amat, masih kerjakan project LSM. Fiuuuuh… *sibak rambut Hari ini schedule aku pendampingan kader DBD di Semarang bawah. Tapi langit seperti tak mendukung, udara berhempas dingin, cahaya pun merem melek dan tetesan air langit belum turun juga si sebenernya hahaha * kutu kupret tingkat dewa *. Tapi yah apa daya jika perempuan cantik ini sudah membulatkan tekad jangankan hujan lebat, ga hujan aja aku samber . Lihatlah aku didepan kaca yang tidak tampak cantik sama sekali cuma terlihat agak seksi dan ng-enek-in. De

Pengamen Indonesia-h

What time is it now? Sleepy sleepy sleepy...need a hug *kode123cekcek December 25 th , 2015 Happy marry christmas for everyone who celebrates!!! Yo yo yo..kadoo mana kadoo kagak nyampe rumah. Minta kado apa dah dek? Bolehlah seperangkat alat shalat dibayar tunai bang *wakwakwak Libur akhir 2015. Liburan yang amat panjang diimbangi dengan macet yang tiada tara. Bunyi klakson akan menghiasi liburan kita kali ini yeeah.. tapi berhubung rumah aku deketnya sama rel kereta api dibanding jalan raya, bunyi gujes gujes teteuup juaraa... Aku hari ini pulang loch. Ke rumah orangtua  aku  yes, bukan ke rumah mertua *mertuamanamertua. Rumah aku ada di ujung selatan daerah perbatasan jawa tengah dan jawa barat *read:cilacap. Hari ini aku bangun gasik cuma buat pulang, malemnya nyuci ame nyetrika. Amazing ga siii akoh..one again, plus packing. Malemnyaa bobo ga tenang (-__-). Singkat cerita badan eike pegel2 terus paginya bisa dibayangin eike yang punya rambut iklan shampoo ini kerama